Wanita punya 9 Nafsu & 1 Akal

Wanita Punya  9  Nafsu dan 1  Akal
sedang Pria Punya  9  Akal  1  nafsu
----------
Benarkah...... ????


Kebanyakan kaum hawa akan tersinggung bila mendengar statemen yang menyatakan bahwa nafsu wanita lebih besar daripada nafsu laki- laki dan sebaliknya akal laki-laki lebih besar dari pada akal wanita. Dengan perbandingan ( 9 : 1 vs 1 : 9) artinya nafsu wanita sebanyak 9 dan akalnya hanya 1 sedangkan pria mempunyai 9 akal dan nafsunya hanya 1.
-----
Kurangnya akal seringkali diidentikan dengan kebodohan, mudah dipengaruhi dan diperdaya. Banyaknya nafsu diasosiasikan dengan besarnya libido, serakah, ketidakpuasan, banyak tuntutan dan keinginan.....

Sehingga secara umum karakter yang disematkan kepada wanita adalah bahwa mereka makhluk yang tidak berpikir rasional dan bersifat emosional serta mudah diperdaya. 
Lady Blassington berkata,”Otak seorang wanita selalu dipengaruhi oleh hatinya; hati seorang pria terpengaruh oleh otaknya”.

Sebenarnya informasi yang beredar tentang wanita mempunyai satu akal dan sembilan nafsu ini bertitik tolak dari cerita sufistik tentang dialog interaktif antara seorang tokoh sufi tersohor yaitu Rabi’ah al-Adawiyah dengan pria yang melamarnya.

Dimana setiap kali pria yang mencoba melamarnya, terlebih dahulu harus bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Rabi’ah. Dan sudah bisa dipastikan sang pelamar menjadi kecewa dan gagal merebut hati Rabi’ah. Bukan karena ia tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, tetapi jawaban dari pertanyaan tersebut cukup telak memukul balik hati setiap pria yang berani meminangnya, sehingga mau tidak mau ia harus mengurungkan niatnya.

Salah satu percakapan yang menarik tapi cukup menyakitkan bagi siapapun yang belum memahami jalan pikiran dan gaya bahasa Rabi’ah dalam memberikan penolakan adalah pertanyaannya yang pernah ia lontarkan kepada pihak pelamar.“Berapa banyakkah nafsu lelaki dan berapa pula nafsu perempuan?” Lantas pelamar itu menjawab: “Nafsu lelaki hanya satu, sedangkan nafsu perempuan sebanyak sembilan.” Lalu Rabi’ah secara diplomatis berkata: “Jika benar demikian, kenapa kamu yang bernafsu satu tidak mampu menahannya sedangkan aku yang mempunyai sembilan nafsu sanggup mengendalikannya?”. Jawaban dari Rabi’ah ini kedengarannya cukup pedas di telinga para pria terutama pria yang meminangnya. Seakan- akan Rabi’ah mengatakan bahwa 9 akal yang dipunya pria seperti tidak ada gunanya karena tidak mampu membimbing 1 nafsunya. Sedangkan, 1 akal yang dimiliki wanita begitu berharga karena sanggup mengendalikan 9 nafsunya..

Untuk melihat kebenaran statemen wanita mempuyai 9 nafsu dan 1 satu akal yang beda sebaliknya dengan pria yang mempunyai 9 akal dan 1 nafsu, perlu dianalisa secara ilmiah lewat kajian fungsi otak...

Secara fisiologis sebenarnya tidak banyak perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan. Baik berat maupun volumenya. Begitu juga dengan tingkat kecerdasannya. Kalaupun terjadi perbedaan itu pun hanya karena otak wanita sudah terstruktur oleh dominasi hormon estrogen, sedangkan otak pria dikuasai oleh hormon testosteron. Sehingga ditemukan perbedaan respon dalam satu aktivitas yang sama. (Dr. Louann Brizendine, dalam “Women’s and Teen Girls’ Mood and Hormone Clinic”) Sedangkan pakar lainnya, Michael Gurian, penulis buku What could he be thingking? How a man’s mind really work, menjelaskan perbedaan antara otak pria dan wanita terletak pada kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan (corpus callosum) . – pada otak pria, ukurannya seperempat lebih kecil dibanding otak wanita. – Bila Pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak wanita mampu memaksimalkan otak kiri dan kanan.

Itulah sebabnya kenapa wanita mampu lebih banyak berbicara dari pada pria. Menurut Dr.Louann Brizendine, pengarang buku Female Brain menyebutkan wanita menggunakan sekitar 20.000 kata per hari sedangkan pria menggunakan sekitar 7.000 kata (woow!!!). Oleh karena itu pria biasanya lebih merasa nyaman dalam melakukan pekerjaannya tanpa harus bicara. Bahkan, tahan seharian penuh tidak bicara. Sebaliknya, bagi wanita merupakan ‘siksaan’ tersendiri bila seharian tidak ada yang diajak bicara.
Maka tak salah kalau ada ungkapan yang menyatakan, ” Meskipun kau tutup kedua matamu, kau sumbat kedua telingamu, atau kau berpura-pura tidur atau mati, tetap saja, perempuan akan terus berbicara kepadamu atau orang lain” . Ada juga yang mengatakan bahwa sebetulnya tidak ada wanita yang pendiam, yang ada adalah wanita yang belum dapat pasangan yang pas untuk diajak bicara.(Ehmm.. begicuu !!)

Demikian juga aliran darah pada otak perempuan sekitar 15%lebih banyak dibandingkan dengan otak laki-laki . Saat memproses emosi, pada otak perempuan lebih banyak area fisik otak (cortical area) yang aktif dibandingkan dengan otak laki-laki . Oleh sebab itulah membuat wanita lebih penyayang dan lembut meskipun sensitif dan mudah tersinggung..

Otak memiliki amigdala yang terdapat dalam sistem limbric.Fungsinya mengatur emosi dan dorongan-dorongan untuk bersikaf agresif. Ukuran amigdala Pria lebih besar sehingga lebih agresif. Dr Dietrich Klusmann meneliti tentang agresifitas pria dan wanita dalam seksual; libido wanita terus meningkat hingga usia 40 baru mengalami penurunan. Sedangkan pria kecenderungan seksnya konstan (istiqamah) sampai usia 70 atau 80 – an.(fantastik ..!!).

Memang, bila mengkaji kinerja fungsi otak, wanita dalam bertindak menggunakan emosi lebih domain dari pada pria. Tapi, bukan berarti nafsu wanita lebih besar dari pria (sebuah kesimpulan yang diskriminatif). kelebihan wanita dalam banyaknya emosi yg dimiliki menjadikannya sebagai pribadi yang lembut, romantis, penyayang, penyabar, penuh cinta , lebih sensitif, keibuan / feminis. Karena kelebihan inilah wanita dipercaya Tuhan untuk mengandung, melahirkan dan merawat makhluk Tuhan yang namanya manusia untuk memakmurkan bumi..

Kalaulah kita masih beranggapan bahwa statemen 9 :1 vs 1 : 9 masih tepat. Itu tidak jadi persoalan, karena Allah menciptakan wanita dan pria untuk berpasangan, saling melengkapi dan menyempurnakan. Kekurangan akal pada wanita dapat ditutupi oleh kelebihan akal pria dan kekurangan nafsu pada pria dilengkapi oleh kelebihan nafsu wanita, maka jadilah pribadi 10 : 10 yang utuh. Kelebihan nafsu pada wanita tidak menjadi cela / terhina baginya, dan kelebihan akal bagi pria tidak membuatnya terhormat/mulia. Karena ukuran kemuliaan seseorang bukan ditentukan oleh seks, gender atau banyak sedikitnya nafsu/akal, namun karena ketakwaannya kepada Allah. (Q.S .al- Hujurat : 13)..

Lagi pula yang namanya Nafsu tidak identik dengan keburukan (seperti, nafsu muthmainnah), dan setiap insan mempunyai nafsu yang sama, besar kecilnya tergantung potensi positif apa negatif yang dikembangkan.Allah berfirman, ”Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa/ nafsu itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.”. (Q. S. as-Syams ; 8). Nah, masihkah tertanam konsep di mindset Anda bahwa nafsu wanita lebih besar daripada pria?..tergantung kecerdasan Anda memahami tulisan ini. (wallahu’alam ).
◄◄●════════◄●►════════●►►

Perbedaan Akal Dan Pikiran.... ???


Perbedaan akal dan pikiran
Akal berasal dari kata "iqalul Baiir" (ikatan untuk mengikat unta). Diikat agar unta tidak bebas bergerak. Jadi anda diikat untuk tidak bebas bergerak dan bertindak. Suatu saat tindakan anda diikat dengan ahlak atau dengan hukum yang berlaku dalam masyarakat atau dengan tuntunan ..

Apakah patut seorang telanjang dijalan umum? Meskipun belum ada alasan agama tetapi akal sudah melarangnya.
Bila anda ingin memetik bunga di taman milik orang lain, ahlak akan menegur anda, jangan engkau ambil, itu bukan milikmu.Andaikata anda mengambilnya juga, masyarakat akan menuduh anda "pencuri". Bila masyarakat lengah dan tidak akan tahu anda pasti akan berkata, "Allah tidak menghalalkannya".
Jadi kalau ikatan (akal) itu lepas tanpa kendali tentu dapat merugikan diri dan merugikan orang lain. ..

Adapun Pikiran adalah menyangkut macam-macam soal untuk melakukan perbandingan antara beberapa pilihan (alternatif). Apa yang harus anda lakukan, apa ini apa itu ? Kalau ini yang anda pilih, apa manfaat dan mudharatnya ? Lalu anda bandingkan dan anda pertimbangkan dan yang lebih menguntungkan yang anda kerjakan...

Hewan tidak memiliki sesuatu untuk memilih alternatif atau yang dapat mengikat tindakannya. Apabila hewan di beri makanan, tentu akan memilih yang sudah dikenalnya atau menurut instingnya bermanfaat,diluar itu apapun akan ditolaknya.

Adapun manusia akan mencobanya, mana yang lebih enak atau lebih lezat.

Hewan bila berhenti makan tidak mau lagi meskipun dipaksa.

Adapun manusia masih ingin mencoba yang lainnya meskipun sudah kenyang..

Apabila keledai disuruh menyeberangi saluran air yang dangkal pasti akan menolak meskipun dipukul.

Adapun manusia selalu ingin mencoba meskipun arus sungai sangat itu sangat deras dan membahayakan jiwanya..

Menurut Qurais Shihab, Al-Qur’an menggunakan kata itu untuk √Ękal sesuatu yang mengikat atau menghalangi seseorang terjerumus ke dalam kesalahan atau dosa. Dengan menelusuri ayat yang menggunakan akar kata ‘aql, sesuatu dalam konteks di atas dapat dimaknai:
  • Daya untuk memahami sesuatu (QS Al-Ankabut [29]: 43)
  • Dorongan moral (QS Al-An’am [6]: 151)
  • Daya untuk mengambil pelajaran, hikmah, dan kesimpulan (QS Al-Mulk [67]: 10)..
Kata pikiran dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Arab fikr yang dalam Al-Qur’an menggunakan istilah fakkara dan tafakkarun. Kata fikr menurut Quraish Shihab diambil dari kata fark yang dalam bentuk faraka dapat berarti: mengorek sehingga apa yang dikorek itu muncul menumbuk sampai hancur, dan menyikat (pakaian) sehingga kotorannya hilang..

Baik kata fikr maupun kata fark memiliki makna yang serupa. Bedanya, fikr digunakan untuk hal-hal yang konkret. Larangan berpikir tentang Tuhan adalah sebuah contoh tentang objek fikr. Dari makna dasar fikr itu terkandung makna yang sangat dalam menyangkut usaha serius, giat, dan tak kenal lelah untuk mengelaborasi, atau bahkan mencari sampai pada bagian terdalam dari alam semesta, sehingga dapat ditemukan hakikat alam semesta itu sendiri..
◄◄●════════◄●►════════●►►

AKAL menurut Amirul Mukminin Imam Ali Bin Abi Thalib as adalah .... ??


1. Kekayaan yang paling besar adalah akal.
2. Akal adalah naluri, sedangkan yang mengasuhnya adalah berbagai pengalaman. Karenanya akal juga merupakan rekaman terhadap berbagai pengalaman.
3. Akal adalah raja, sedangkan tabiat adalah rakyatnya. Jika akal lemah untuk mengatur tabiat, maka akan timbul kecacatan padanya, yaitu tabiat kemudian yang mengatur akal.
4. Akal lebih diutamakan daripada hawa nafsu, karena akal menjadikanmu sebagai pemilik zaman, sedangkan hawa nafsu memperbudakmu untuk zaman.
5. Makan pokok tubuh adalah makanan, sedangkan makanan pokok akal adalah hikmah. Maka kapan saja hilang salah satu dari kedua makanan pokoknya, binasalah ia dan lenyap..
6. Duduklah bersama orang-orang bijak, baik mereka itu musuh atau kawan. Sebab, akal bertemu dengan akal.
7. Pertalian yang paling berharga adalah akal yang berpasangan dengan kemujuran.
8. Adab adalah gambaran akal, dan akal adalah naluri yang diasuh oleh berbagai pengalaman, sehingga akal adalah juga rekaman terhadap berbagai pengalaman. Karenanya seorang yang berakal akan menjadikan pengalaman-pengalaman (hidup) sebagai nasihat baginya.
9. Jika akal menjadi kendali, tidak tertawan oleh hawa nafsu, atau melampaui batas agama, dan fanatik terhadap nenek-moyang (tradisi), niscaya akal itu akan mengantarkan pemiliknya kepada keselamatan.
10. Jika engkau hendak menutup sebuah kitab, maka hendaklah engkau teliti kembali kitab itu, jangan sampai yang kau tutup adalah akalmu..
11. Jika Allah hendak menghilangkan nikmat dari seorang hamba-Nya, maka yang pertama kali diubah dari hamba-Nya itu adalah akalnya.
12. Ruh adalah kehidupan badan, sedangkan akal adalah kehidupan ruh.
13. Pahamilah kabar atau berita atau sesuatu apapun yang engkau dengar dengan akal yang penuh dengan pemahaman, bukan akal yang sekedar meriwayatkan. Sesungguhnya periwayat ilmu banyak jumlahnya, sedangkan yang memahaminya sedikit.
14. Orang yang berakal, jika berbicara dengan suatu kalimat, maka ikut serta bersamanya hikmah dan nasihat.
15. Orang yang berakal bersaing dengan orang-orang saleh agar dapat menyusul mereka, dan dia ingin sekali berserikat dengan mereka karena kecintaannya terhadap mereka, meskipun amalnya tidak mampu menyamai mereka..
16. Orang yang paling bijak akalnya dan paling sempurna keutamaannya adalah yang mengisi hari-harinya dengan perdamaian, bergaul dengan saudara-saudaranya dengan rekonsiliasi, dan mereka menerima kekurangan zaman.
17. Tidaklah patut bagi orang yang berakal kecuali berada dalam salah satu dari dua kondisi ini, yaitu berada dalam cita-cita yang paling tinggi untuk mencari dunia, atau berada dalam cita-cita yang paling tinggi untuk meninggalkannya.
18. Tidaklah layak bagi seorang yang berakal untuk menuntut ketaatan orang lain (terhadapnya), sementara dia sendiri tidak taat pada dirinya.
20. Orang yang berakal adalah orang yang mencurigai pendapatnya sendiri dan tidak mempercayai apa yang dipandang baik oleh dirinya..
21. Permusuhan diantara orang-orang pintar adalah permusuhan yang paling berat dan paling berbahaya, karena ia hanya terjadi setelah didahului dengan hujjah dan peringatan, dan setelah tidak mungkin lagi ada perdamaian di antara keduanya.
22. Orang yang paling disukai oleh orang yang berakal adalah musuhnya juga berakal. Sebab, jika musuhnya itu berakal, maka dia akan merasa aman dari kejahatannya (kelicikan, keculasan dan kecurangan).
23. Sesungguhnya sesuatu yang tidak disukai (kesialan) memiliki batas yang pasti akan berakhir. Oleh karena itu, seorang yang berakal akan bersikap tenang sampai kesialan itu hilang (berlalu dengan sendirinya). Sebab, menghindar darinya sebelum habis waktunya justru hanya akan menambah kesialannya.
24. Celaan orang-orang berakal lebih berat daripada hukuman seorang penguasa, dan permulaan pendapat orang berakal adalah akhir pendapat orang bodoh.
25. Bagi orang yang berakal, hidup dalam kesusahan bersama orang-orang berakal lebih disukainya daripada hidup dalam kelapangan (kesenangan) bersama orang-orang bodoh.
26. Tidak ada penyakit yang lebih berat daripada kurang akal..

aye mo nanye Cing.. gmana dgn org yg suka menyebut dgn istilah "Akal busuk /

Akal2an"...??
mnggo
*slm rhyu yu..

akal busuk = akal yg sakit ( kelicikan, keculasan dan kecurangan...) , mdh2an yg nanya gak ea,,, xixixixi .... piss ah....
◄◄●════════◄●►════════●►►